materi Skirting
SKIRTING
a. Pengertian Skirting
Skirting
adalah kain yang berfungsi untuk menutup kaki meja makan agar terlihat indah.
Pilihlah warna skirting yang cocok atau padu padan dengan warna taplak meja
yang akan digunakan.
b. Tehnik Pemasangan Skirting pada meja prasmanan sebagai berikut :
Setelah
semua bahan disiapkan, dilanjutkan dengan memasang skirting meja
prasmanan sebagai berikut :
1. Pasanglah
Molton
2. Pasang
Taplak Meja
3. Pasang
Skirting mulai dari satu sudut meja, bebas dari sudut mana saja. Tancapkan paku
payung untuk menguatkan posisinya. Setelan itu sambungkan dengan sudut meja
yang lain dan tancapkan lagi paku payung untuk menguatkan posisinya. Lakukan ke
semua sudut meja sampai semua meja terbungkus rapi dengan skirting. Tambahkan
paku payung di beberapa titik untuk menguatkan posisi skirting agar skirting
tidak jatuh atau melorot ke bawah.
4. Jaga
jarak ujung skirting dengan lantai, jangan sampai ujung kain menyentuh
lantai.
5. Pastikan
semua kaki meja tertutupi dengan baik oleh skirting.
6. Buatlah
lipatan yang menarik dengan bantuan jarum pentul sesuai dengan kreasi yang
diinginkan
Room Service
A. Pengertian Rom Servive
Room service adalahsuatupelayananmakandanminum yang tdilakukanlangsungolehsorang
waiter di dalamkamartamu hotel
1.
DikamarTamu
Telephone
Daftar menu
Door knob
menu
Mini bar
pulpen
2.
RuanganRoomservice
Telephone
Denahkamar
Kertaburam
Rak / room rak
Gudangalathidang
3.
Operasional Room Service Telephone
4.
Door Knob Menu
5.
Daftar Menu
6.
Slip Order
7.
Table acesoris
8.
Alathidang/ peralatanmakan (Chinaware,Silverware,Glassware)
9.
Lenan
10. Tray(baki ) atauTrolly
11. Rolling and Folding tables
12. Built in Rechaud (alatpemanas)
13. Room service Electric Car
14. Plastik Wrap
15. Thermos
C. Teknik Menata tray dan Trolley
Penataan dan penggunaan tray atau
nampan dilakukan jika pesanan untuk satu orang, sedangkan trolley digunakan
jika pesanan lebih dari satu orang dan memerlukan hot box untuk mempertahankan
suhu makanan panas. Saat mengantarkan makanan ke konsumen, makanan harus
ditutup dengan food cover untuk mempertahankan suhu makanan agar tetap hangat
saat sampai ke kamar tamu.
Tiap peralatan pada tray harus
dirata dengan memperhatikan kemudahan tamu mengambilnya. Misalnya cangkir dan
alasnya serta sendok the berada di sebelah kanan tray. Botol saus sebaiknya
diletakkan dengan posisi berbaring. Jika membawa teko panas, ujung teko menghadap
ke depan untuk menghindari tumpahan air panas jika terpeleset.
Jika pesanan tamu sudah siap,
pesanan harus segera dibawa ke kamar tamu. Setelah tiba d kamar tamu, waiter
mengetuk pintu, menunggu jawaban, masuk, menempatkan tray di meja dan menatanya.
Umunnya waiter dapat kembali ke kamar
tamu untuk clear up sekitar 45 menit-1 jam setelah order diterima tamu.
Saat menata
makanan di trolley, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut
ini.
1. Trolley diperiksa untuk memastikan
suhunya sesuai dengan makanan. Sebelum digunakan, trolley terlebih dahulu
dihubungkan dengan listrik sehingga hot box yang ada dibawah trolley sudah
dalam keadaan panas
2. Saat ada dikamar tamu trolley
berfungsi sebagai trolley harus ditutup dengan table cloth serta di set seperti
meja restoran.
D. Tehnik Memasuki Ruang/Kamar Tamu
·
Tata Cara
Memasuki Kamar Tamu
Ketika
memasuki kamar tamu, ada hal yang sangat penting menjadi pertimbangan yaitu;
selalu menghormati urusan pribadi tamu. Dan hendaknya selalu mengetuk pintu
jika ingin memasuki kamar tamu (ketika mengantarkan makanan dan minuman dan
pula saat clear up tray di kamar tamu)
Dan dengan
demikian setiap perusahan bisa saja mempunyai tata cara memasuki kamar tamu
yang berbeda-beda. Tetapi pada umumnya akan mengikuti prinsip-prinsip sbb:
1. Approach the room quietly.
2. Knock the door firmly and say ‘Room
Service, please’, clearly and confidently, remembering that your voice must
carry through a closed the door.
3. Listen for the guest’s response and
react accordingly, waiting outside the room. If there is no response, knock and
announce, ‘Room Service, please’ again. Do not go in until the guest opens the
door or you have been asked to enter.
4. When you have entered address the
guest by name
5. ‘Good morning, Mr. Lewis, here is
your breakfast (or whatever, as appropriate) may I come in?
6. Consulting to placed the tray and
placed safely and conveniently ‘Excuse, me. Mr. Lewis where would you like me
to put your tray?’ And set-up it if necessary and position the furniture where
required.
7. Show the item as order to the guest
8. ‘Excuse, me. Mr. Lewis your order is
one orange juice, one danish and one coffee with milk. Everything is alright?’
9. Present the guest account
10. ‘Here is your bill. Could you sign
it, please.
11. Thank the guest
12. ‘Thank you very much, and enjoy your
breakfast’. And please call us for clear your tray or you are able to put
outside.
·
Menyajikan
Tagihan Room Service dan Menerima Pembayaran
Ketika pada saatnya anda menyerahkan
bill kepada tamu ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu bahwa bill yang
anda serahkan itu memang benar sesuai dengan order tamu baik jumlah maupun
jenis makanan dan minuman.
Minuman Nonalcohol
A.
Pengertian
Minuman Nonalcohol
Minuman non alcohol adalah
semua jenis minuman yang tidak mengandung alkohol. Minuman non alcohol dapat dibedakan menjadi.
1. Mineral water
Mineral water atau
air mineral adalah air yang murni dengan kandungan mineral yang tinggi. Air
mineral dibedakan menjadi 2 :
a. Natural mineral water (air mineral murni)
Berasal dari
sumber mata air pegunungan atau air tanah dalam bumi yang mempunyai sifat tidak
berasa, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mengandung bahan-bahan kimia.
Air mineral yang dikonsumsi dibagi menjadi 2 yaitu air mineral yang berasal
dari Perusahaan Air Minum (PAM) atau air sumur dan air mineral kemasan. Air
mineral sebaiknya disimpan dalam kemasan dengan temperatur dingin.
b. Artificial mineral water (air meneral buatan)
Artificial mineral Water atau disebut
dengan istilah minuman ringan yang berasal dari campuran antara bahan-bahan
mineral ke dalam air tawar dan ditambah dengan gas carbon dioxide. Definisi lainnya, minuman ringan
2. Refreshing
drinks (minuman menyegarkan)
Refreshing drinks adalah
minuman yang dicampur dengan soda/air tawar. Yang termasuk dalam refreshing drinks adalah squashes dan syrup. Squashes adalah minuman yang berbentuk cairan atau bubuk
yang diperoleh dari buah-buahan. Sedangkan syrup adalah hasil larutan gula dengan air atau sari buah. syrup berasal dari gula pasir, Grenadine syrup berasal dari buah
delima, Refreshing drinks dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
a. Tall drinks (minuman santai)
Tall drink banyak dikembangkan
menjadi minuman-minuman spesial yang menjadi unggulan di restoran. Jenis
minuman ini seperti milk shake,
strawberry float, cola float, es soda gembira, vanilla blue, dan macam-macam ice cream.
b. Stimulant (minuman
perangsang)
Stimulant (Analeptics) atau
minuman perangsang menghasilkan berbagai macam efek dengan meningkatkan
aktivitas sistem saraf pusat dan perifer. Stimulan Banyak juga mampu
memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan, dan beberapa bahkan dapat
menyebabkan perasaan euforia. Kategori minuman stimulant yang dapat
meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan perifer adalah minuman yang
berupa coffee, tea, chocolate, and milk.
c. Nourishing (minuman bergizi)
Nourishing
Drinks adalah jenis minuman yang mengandung gizi ( minuman Bergizi ) seperti
Jus Buah, Sari buah, dan Sari Alami
·
Jus buah
§
Jus Buah merupakan cairan yang secara alami
terkandung dalam jaringan buah atau sayur yang segar. Jus Buah diperoleh dengan
cara mekanis yaitu memeras daging buah segar atau sayuran tanpa menggunakan
panas atau pelarut. Misalnya, jus jeruk. Penyajian Jus Buah dapat disaring
untuk menghilangkan serat atau pulp atau bijinya seperti Jus jambu, dan tanpa
disaring seperti Jus wortel.
·
Sari Buah
§
Sari Buah adalah Sari dari buah dan sayuran yang
diperoleh dengan cara memeras untuk mendapatkan sarinya. Contohnya sari buah
jeruk, sari buah anggur, sari buah tomat, dll.
·
Sari
Alami
§ Sari
alami adalah sari yang diperoleh dari tanaman tanpa ada campuran dari bahan
pengawet dan umumnya dapat langsung diminum. Misalnya: Air kelapa, air rotan,
air bambu, air kaktus.
B. Klasifikasi
Minuman NonAlcohol
1. Dilihat
dari asal/tempat :
·
Teh
·
Kopi
·
Coklat
2. Dilihat
dari waktu penyajian :
·
Minuman sebelum makan
·
Minuman sesudah makan
3. Dilihat
dari suhu penyajian
·
Minuman dingin
·
Minuman panas
C. Klasifikasi
Minuman Nonalcohol berdasarkan bahan dasar
·
Rimpang
·
Daun
·
Batang
·
Bunga
·
Biji
·
Buah
D. Resep Minuman Nonalcohol
· Bahan
ü 4 cangkir semangka
ü 1 sdm. jus lemon (rekomendasi)
ü 4 sdm gula pasir
ü 8 buah balok es batu kecil
· Cara membuatnya
campur jus menggunakan blender
untuk liquify,tambahkan gula pasir,lalu tambahkan balok es sesuai selera anda.
Saring jika menggunakan blender,
jika Anda inginkan.
Comments
Post a Comment