materi Skirting




SKIRTING

















a.  Pengertian Skirting

Skirting adalah kain yang berfungsi untuk menutup kaki meja makan agar terlihat indah. Pilihlah warna skirting yang cocok atau padu padan dengan warna taplak meja yang akan digunakan.

b.  Tehnik Pemasangan Skirting pada meja prasmanan sebagai berikut :

Setelah semua bahan disiapkan, dilanjutkan dengan  memasang skirting meja prasmanan sebagai berikut :
1. Pasanglah Molton 
2. Pasang Taplak Meja
3. Pasang Skirting mulai dari satu sudut meja, bebas dari sudut mana saja. Tancapkan paku payung untuk menguatkan posisinya. Setelan itu sambungkan dengan sudut meja yang lain dan tancapkan lagi paku payung untuk menguatkan posisinya. Lakukan ke semua sudut meja sampai semua meja terbungkus rapi dengan skirting. Tambahkan paku payung di beberapa titik untuk menguatkan posisi skirting agar skirting tidak jatuh atau melorot ke bawah.
4. Jaga jarak ujung skirting dengan lantai, jangan sampai ujung kain menyentuh lantai. 
5. Pastikan semua kaki meja tertutupi dengan baik oleh skirting.
6. Buatlah lipatan yang menarik dengan bantuan jarum pentul sesuai dengan kreasi yang diinginkan






Room Service

A.  Pengertian Rom Servive

Room service adalahsuatupelayananmakandanminum yang tdilakukanlangsungolehsorang waiter di dalamkamartamu hotel

B.  Peralatan Room Service
1.      DikamarTamu
        Telephone
        Daftar menu
        Door knob menu
        Mini bar
        pulpen                                                                                                                    
2.      RuanganRoomservice
        Telephone
        Denahkamar
        Kertaburam
        Rak / room rak
        Gudangalathidang
3.      Operasional Room Service  Telephone
4.      Door Knob Menu
5.      Daftar Menu
6.      Slip Order
7.      Table acesoris
8.      Alathidang/ peralatanmakan (Chinaware,Silverware,Glassware)
9.      Lenan
10.  Tray(baki ) atauTrolly
11.  Rolling and Folding tables
12.  Built in Rechaud (alatpemanas)
13.  Room service Electric Car
14.  Plastik Wrap
15.  Thermos

C.     Teknik Menata tray dan Trolley
Penataan dan penggunaan tray atau nampan dilakukan jika pesanan untuk satu orang, sedangkan trolley digunakan jika pesanan lebih dari satu orang dan memerlukan hot box untuk mempertahankan suhu makanan panas. Saat mengantarkan makanan ke konsumen, makanan harus ditutup dengan food cover untuk mempertahankan suhu makanan agar tetap hangat saat sampai ke kamar tamu.
Tiap peralatan pada tray harus dirata dengan memperhatikan kemudahan tamu mengambilnya. Misalnya cangkir dan alasnya serta sendok the berada di sebelah kanan tray. Botol saus sebaiknya diletakkan dengan posisi berbaring. Jika membawa teko panas, ujung teko menghadap ke depan untuk menghindari tumpahan air panas jika terpeleset.
Jika pesanan tamu sudah siap, pesanan harus segera dibawa ke kamar tamu. Setelah tiba d kamar tamu, waiter mengetuk pintu, menunggu jawaban, masuk, menempatkan tray di meja dan menatanya. Umunnya waiter  dapat kembali ke kamar tamu untuk clear up sekitar 45 menit-1 jam setelah order diterima tamu.
Saat menata makanan di trolley, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.
1.      Trolley diperiksa untuk memastikan suhunya sesuai dengan makanan. Sebelum digunakan, trolley terlebih dahulu dihubungkan dengan listrik sehingga hot box yang ada dibawah trolley sudah dalam keadaan panas
2.      Saat ada dikamar tamu trolley berfungsi sebagai trolley harus ditutup dengan table cloth serta di set seperti meja restoran.



D.    Tehnik Memasuki Ruang/Kamar Tamu
·      Tata Cara Memasuki Kamar Tamu
Ketika memasuki kamar tamu, ada hal yang sangat penting menjadi pertimbangan yaitu; selalu menghormati urusan pribadi tamu. Dan hendaknya selalu mengetuk pintu jika ingin memasuki kamar tamu (ketika mengantarkan makanan dan minuman dan pula saat clear up tray di kamar tamu)
           
Dan dengan demikian setiap perusahan bisa saja mempunyai tata cara memasuki kamar tamu yang berbeda-beda. Tetapi pada umumnya akan mengikuti prinsip-prinsip sbb:
           
1.      Approach the room quietly.
2.      Knock the door firmly and say ‘Room Service, please’, clearly and confidently, remembering that your voice must carry through a closed the door.
3.      Listen for the guest’s response and react accordingly, waiting outside the room. If there is no response, knock and announce, ‘Room Service, please’ again. Do not go in until the guest opens the door or you have been asked to enter.
4.      When you have entered address the guest by name
5.      ‘Good morning, Mr. Lewis, here is your breakfast (or whatever, as appropriate) may I come in?
6.      Consulting to placed the tray and placed safely and conveniently ‘Excuse, me. Mr. Lewis where would you like me to put your tray?’ And set-up it if necessary and position the furniture where required.
7.      Show the item as order to the guest
8.      ‘Excuse, me. Mr. Lewis your order is one orange juice, one danish and one coffee with milk. Everything is alright?’
9.      Present the guest account
10.  ‘Here is your bill. Could you sign it, please.
11.  Thank the guest
12.  ‘Thank you very much, and enjoy your breakfast’. And please call us for clear your tray or you are able to put outside.

·      Menyajikan Tagihan Room Service dan Menerima Pembayaran
Ketika pada saatnya anda menyerahkan bill kepada tamu ada hal penting yang harus diperhatikan yaitu bahwa bill yang anda serahkan itu memang benar sesuai dengan order tamu baik jumlah maupun jenis makanan dan minuman.



Minuman Nonalcohol



















A.    Pengertian Minuman Nonalcohol

Minuman non alcohol adalah semua jenis minuman yang tidak mengandung alkohol. Minuman non alcohol dapat dibedakan menjadi.
1. Mineral water

Mineral water atau air mineral adalah air yang murni dengan kandungan mineral yang tinggi. Air mineral dibedakan menjadi 2 :
a. Natural mineral water (air mineral murni)

Berasal dari sumber mata air pegunungan atau air tanah dalam bumi yang mempunyai sifat tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mengandung bahan-bahan kimia. Air mineral yang dikonsumsi dibagi menjadi 2 yaitu air mineral yang berasal dari Perusahaan Air Minum (PAM) atau air sumur dan air mineral kemasan. Air mineral sebaiknya disimpan dalam kemasan dengan temperatur dingin.

b. Artificial mineral water (air meneral buatan)

Artificial mineral Water atau disebut dengan istilah minuman ringan yang berasal dari campuran antara bahan-bahan mineral ke dalam air tawar dan ditambah dengan gas carbon dioxide. Definisi lainnya, minuman ringan

2. Refreshing drinks (minuman menyegarkan)

Refreshing drinks adalah minuman yang dicampur dengan soda/air tawar. Yang termasuk dalam refreshing drinks adalah squashes dan syrup. Squashes adalah minuman yang berbentuk cairan atau bubuk yang diperoleh dari buah-buahan. Sedangkan syrup adalah hasil larutan gula dengan air atau sari buah. syrup berasal dari gula pasir, Grenadine syrup berasal dari buah delima, Refreshing drinks dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :

a. Tall drinks (minuman santai)

Tall drink banyak dikembangkan menjadi minuman-minuman spesial yang menjadi unggulan di restoran. Jenis minuman ini seperti milk shake, strawberry float, cola float, es soda gembira, vanilla blue, dan macam-macam ice cream.

b. Stimulant (minuman perangsang)

   Stimulant (Analeptics) atau minuman perangsang menghasilkan berbagai macam efek dengan meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan perifer. Stimulan Banyak juga mampu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan, dan beberapa bahkan dapat menyebabkan perasaan euforia. Kategori minuman stimulant yang dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan perifer adalah minuman yang berupa coffee, tea, chocolate, and milk.

c.   Nourishing (minuman bergizi)
                                  
Nourishing Drinks adalah jenis minuman yang mengandung gizi ( minuman Bergizi ) seperti Jus Buah, Sari buah, dan Sari Alami

·         Jus buah
§  Jus Buah merupakan cairan yang secara alami terkandung dalam jaringan buah atau sayur yang segar. Jus Buah diperoleh dengan cara mekanis yaitu memeras daging buah segar atau sayuran tanpa menggunakan panas atau pelarut. Misalnya, jus jeruk. Penyajian Jus Buah dapat disaring untuk menghilangkan serat atau pulp atau bijinya seperti Jus jambu, dan tanpa disaring seperti Jus wortel.
·         Sari Buah
§  Sari Buah adalah Sari dari buah dan sayuran yang diperoleh dengan cara memeras untuk mendapatkan sarinya. Contohnya sari buah jeruk, sari buah anggur, sari buah tomat, dll.

·         Sari Alami
§  Sari alami adalah sari yang diperoleh dari tanaman tanpa ada campuran dari bahan pengawet dan umumnya dapat langsung diminum. Misalnya: Air kelapa, air rotan, air bambu, air kaktus.
B.     Klasifikasi Minuman NonAlcohol

1.      Dilihat dari asal/tempat :
·         Teh
·         Kopi
·         Coklat
2.      Dilihat dari waktu penyajian :
·         Minuman sebelum makan
·         Minuman sesudah makan
3.      Dilihat dari suhu penyajian
·         Minuman dingin
·         Minuman panas


C.     Klasifikasi Minuman Nonalcohol berdasarkan bahan dasar

·         Rimpang
·         Daun
·         Batang
·         Bunga
·         Biji
·         Buah





D.    Resep Minuman Nonalcohol


Fresh Watermelon Juice

·  Bahan
ü  4 cangkir semangka
ü  1 sdm. jus lemon (rekomendasi)
ü  4 sdm gula pasir
ü  8 buah balok es batu kecil
 
·  Cara membuatnya
campur jus  menggunakan blender untuk liquify,tambahkan gula pasir,lalu tambahkan balok es sesuai selera anda.
Saring jika menggunakan blender, jika Anda inginkan.

Comments

Popular Posts